Pizza, Makanan Khas Italia yang Mendunia


 Siapa yang tidak mengenal pizza? Makanan ciri khas Italia ini demikian mendunia serta dapat diketemukan di beberapa ratus negara di semua pelosok dunia.

Profil Ayam Hias Kapas

Dari negara Islandia di samping utara Samudera Atlantik, sampai Selandia Baru di barat daya Samudera Pasifik. Dari kota Cape Town di Afrika Selatan, sampai di pusat kota Moskow di Russia.


Pizza ialah kebanggaan nasional orang Italia, sama keutamaan seperti Nasi Goreng buat Indonesia. Ke-2 tipe makanan ini seolah jadi duta kuliner yang sebagai wakil satu warisan budaya kuliner yang hebat dari semasing negara.


Buat fans pizza sejati tentu mengenali beberapa variasi pizza yang dipasarkan beberapa restoran pizza di tanah air. Ada pizza ala Italia yang tipis renyah seperti pizza Margherita serta pizza Neapolitan. Tetapi, banyak pula pizza ala Amerika yang tebal dengan beberapa gabungan topping yang kaya seperti Meat Lover atau Super Supreme.


Kata pizza pertama-tama tertera di era ke 10 dalam satu manuskrip dari kota di selatan Italia namanya Gaeta di propinsi Latina, dekat tepian dengan daerah Campania.


Sedang pizza kekinian yang kita mengenal sekarang ini diketemukan di kota Napoli, yang setelah itu makanan ini dan beberapa variasinya jadi terkenal sampai sekarang.


Antica Pizzeria Port'Alba, warung pizza pertama. Sumber: pinchables.com Riwayat pizza di Italia tidak lepas dari satu restoran pizza namanya, "Antica Pizzeria Port'Alba" yang dibuka tahun 1830. Awalannya restoran ini cuma berbentuk penjual pizza di tepi jalan yang telah ada semenjak 1738.


Kedatangan pizzeria (warung pizza) ini secara cepat mengundang banyak konsumen setia. Ditambah lagi kota Napoli tetap ramai semenjak era ke 18. Tetapi, tipe pizza yang dibikin masih simpel dengan topping seperti bawang putih, garam, minyak zaitun serta sedikit keju.


Maklum, beberapa konsumen setianya dari golongan kurang dapat, yaitu beberapa seniman serta mahasiswa yang tidak berduit waktu itu, dan umumnya masyarakat Napoli yang masih tetap miskin. Yang mengagumkan, restoran ini terus bekerja sampai sekarang.


Antrean di Pizzeria da Michele. Sumber: ninafood.com Walau disadari untuk "pizzeria yang pertama", tetapi di tanah beberapa juara pizza ini, ada nama yang lain malah bertambah populer sekarang ini. Itu "L'Antica Pizzeria da Michele" yang dibuka tahun 1870. Pizzeria ini benar-benar termasyhur dengan pizza berpenampilan Neapolitan yang masih tetap dibikin dengan memakai tungku kayu bakar.


Serta Namanya semakin populer serta membuat antrean semakin panjang, saat nama warung pizza ini disebutkan Elizabeth Gilbert dalam buku "Eat Pray Love". Ditambah lagi ada satu adegan saat Julia Roberts, yang memainkan tokoh Gilbert, nikmati sepotong pizza di pizzeria ini.


Postingan populer dari blog ini

Nofriansyah Yosua Hutabarat or even Brigadier J.

phytoestrogens help the psychological symptoms of menopause

Sejarah Makanan Selada Banjar