Oseng Genjer Merupakan Sayuran Bersejarah


 Genjer salah satu sayuran yang habitatnya sama juga dengan kangkung, yakni rawa-rawa. Di wilayah kecamatan saya saja, benar-benar jarang-jarang didapati sayuran ini.

Profil Ayam Hias Kapas

Karena itu Genjer sekarang jadi sayuran yang langka. Jika ingin masak Genjer harus beli ke pasar kecamatan Wlingi yang jaraknya cukup jauh dengan rumah saya. Harus tempuh perjalanan kira-kira 15 km.


Kebetulan ada tukang sayur yang melalui depan rumah yang bawa Genjer ini, sebab tukang sayur ini kulakan dagangannya di pasar Wlingi, salah satunya kecamatan yang ada di daerah timur dari kabupaten Blitar.


Pagi-pagi Sang Tukang sayur telah membunyikan terompet menyaratkan jika dia menyebut konsumen setia. Ibu-ibu di komplek RT sayapun mendekat untuk memperoleh sayuran untuk menu ini hari, termasuk juga saya.


Waktu saya menanyakan mengenai sayur Genjer, tukang sayur langsung memperlihatkan pada saya. Wah kebetulan sekali ternyata. Puncak dicinta Genjerpun ada. Wkwkwk.


Telah lama saya ingin memasak sayur Genjer ini, baru kesampaian saat ini. Sayur Genjer ini sayuran yang bersejarah lo. Kok dapat?


Pada saat ibu saya masih hidup, sempat menceritakan jika dahulu pada saat jaman penjajahan Jepang atau Belanda ya, saya lupa, intinya pada saat jaman penjajahan, ekonomi benar-benar susah. Hingga rakyat banyak yang kekurangan bahan makanan sekedar untuk penuhi keperluan pangan keluarga.


Karena itu rakyat pada saat itu konsumsi makanan juga sayuran seadanya. Termasuk juga Genjer ini. Karena itu pada saat saya melihat resep di youtube, ada yang memberi judul resep sayuran Genjer ini dengan judul Sayuran Rakyat Jelata.


Demikian susahnya memperoleh sayuran Genjer, waktu memperolehnya saya seperti mendapatkan barang bernilai lo, beneran.


Sebab ini pertama kali saya memasak Genjer, karena itu rekom dari resep di youtube betul-betul saya lihat, serta langsung saya praktikkan.


Rupanya benar-benar gampang memasaknya, tepat kita memasak Oseng Kangkung. Ini nih resepnya.


Bahan:



Sayur Genjer/dok.pri


2 ikat Genjer


6 siung bawang merah




4 siung bawang putih


10 cabe rawit


5 cabe besar hijau (optional ya, bisa gunakan cabe besar merah)


1 buat tomat


Seruas lengkuas


Sedikit kecap (optional , dapat ditukar dengan saos saori)


Gula, garam serta penyedap seperlunya.


Langkah membuat:


1. Membersihkan sayuran, pilih yang muda serta masih fresh, tidak perlu dipotong, sebab waktu dibuat kelak akan layu serta berkurang, bersihkan serta keringkan.



Potongan bumbu yang siap ditumis/dok.pri




2. Irislah semua bumbu terkecuali lengkuas, sebab lengkuas cukup digeprek saja.3. Panasi sedikit minyak dalam wajan, masukan bawang merah dahulu, sesaat masukan lagi bawang putih, cabe rawit, cabe ijo besar, laos serta teeakhir tomat. Oseng sampai layu serta keluar berbau harum, lalu masukan gula, garam serta penyedap.



Menumis bumbu/dok.pri



2 ikat sayur Genjer berkurang waktu ditumis/dok.pri


4. Masukan Genjer dikit demi sedikit, sebab jika langsung dimasukkan akan kesusahan mengaduknya.5. Oseng terus sampai sayuran Genjer masuk semua.6. Sebetulnya tidak perlu dikasih air tidak apa-apa, sebab sayuran Genjer memiliki kandungan banyak air, tetapi jika senang, ditambah lagi sedikit air dapat juga


7. Memasak Genjer cuma perlu waktu sesaat saja, sebab cepat layu. Semakin lebih cepat lunaknya dibandingkan kangkung ya.


8. Janganlah lupa tes rasa ya.


9. Oseng Genjer siap disantap dengan nasi putih.


Hmmmm, rupanya beberapa anak suka juga, serta Oseng Genjer tidak sisa. Alhamdulillah, warung saya laku manis. Wkwkwk.


Anda ingin tahu serta ingin coba? Yuk disave resepnya.


Demikian resep Oseng Genjernya, mudah-mudahan berguna.


Salam kuliner.



Postingan populer dari blog ini

Nofriansyah Yosua Hutabarat or even Brigadier J.

phytoestrogens help the psychological symptoms of menopause

Sejarah Makanan Selada Banjar